Home » » Holothuroidea (Tripang/timun laut)

Holothuroidea (Tripang/timun laut)

 
Tubuh tripang tidak dapat ditegakkan (berdiri) karena banyak mengandung lemak sedangkan kandungan zat kapurnya sedikit. Holothuroidea hidup di laut, yaitu di dasar laut dengan cara bersembunyi di lumpur/pasir. Jika di ganggu, hewan ini akan mengerut karena gerakan kontraksi. Holothuroidea tidak berduri dan memiliki banyak endoskeleton yang tereduksi. Tubuh bulat memanjang tertutupi oleh kulit yang berkutikula dan tidak bersilia.
        Dibawah kulit terdapat dermis yang mengandung osikula, selapis otot melingkar, dan lima otot ganda memanjang. Dengan adanya lengan brotot ini, timun laut dapat bergerak memanjang memendek seperti cacing. Di bagian anterior mulut terdapat 10-30 tentakel yang identik dengan kaki buluh, tetapi dapat di julurkan dan di tarik kembali beberapa jenis hewan ini memiliki kaki ambulakral yang dapat berkontraksi dan berfungsi sebagai alat respirasi. Di daerah ventral terdapat tiga daerah kaki yang dilengkapi dengan alat hisap yang berfungsi untuk alat bergerak. Selom tidak terbagi-bagi dan berisi cairan yang mengandung sel-sel amebosit. Contoh spesiesnya adalah Cucumaria frondosa, Holothuria, Thyone briareus.
Cucumaria frondosa. sumber gambar: http://imgusr.tradekey.com/p-B3902642-20100518215356/sea-cucumbers-cucumaria-frondosa.jpg

Holothuria scabra. sumber gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpgz_7gwiY7Wph7l5drvdkTHs2IDD6QSYj8wl58jr_9dShO01DOcHyT5ExRjGaYeM0xRnJ6-kMZmIK3J335sUEkRtg-GKUGKNg1Zbx8c41S2yBQyfUgqyjG1FVN3mngPcIRDshXnddNIKQ/s1600/17.jp
Sistem organ dalam Holothuroidea.

Sistem Organ
Keterangan
Sistem pencernaan makanan
Saluran pencernaan bulat panjang dengan posisi merentang di atas rongga tubuh dalam selom. Kerongkongan pendek merupakan sambungan dari mulut ke lambung. Dari lambung, saluran pencernaan selanjutnya adalah usus yang panjang dan berhubungan dengan kloaka. Saluran pencernaan berakhir dengan sebuah anus di daerah posterior.
Sistem pernapasan
Alat pernapasan berupa saluran bercabang-cabang seperti pohon yang sebenarnya merupakan perluasan kloaka ke dalam selom. Saluran ini berfungsi juga sebagai alat ekskresi.
Sistem reproduksi
Pada umumnya alat reproduksi terpisah, tetapi ada beberapa jenis yang hermafrodit. Gonad bentuknya seperti sikat dengan saluran penghubung yang terbuka di daerah tentakel.
Sel telur maupun sperma di keluarkan ke air laut, dan selanjutnya terjadi fertilisasi di luar. Zigot tumbuh menjadi larva Aurikularia. Beberapa jenis hewan ini menyimpan telur yang telah dibuahi di dalam tubuhnya.




5 komentar: